Sunday, May 29, 2005

Budaya Membaca


Salah satu tempat tujuan ketika aku ingin jalan-jalan sendiri adalah toko buku. Seperti beberapa hari yang lalu, dari pada bengong di kos-kosan mending ke toko buku aja, sekalian refresing. Yah, walaupun walaupun pergi tanpa membawa uang yang cukup, paling tidak sekedar baca-baca aja toh gak ada yang ngelarang.
Ngomong-ngomong budaya membaca, ternyata statistik yang dikeluarkan oleh UNICEF masih menempatkan negara kita ini sebagai negara yang berpenduduk sangat sedikit minatnya dalam membaca. Orang indonesia lebih suka menonton daripada membaca. Padahal membaca itu kan salah satu pintu ilmu. Bahkan Tuhan pun memerintahkan kita untuk membaca. Coba deh buka Quran surat Al-Alaq ayat 1-5.
"Dia menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajarkan (manusia) dengan perantaraan pena (tulis baca). Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya."
Ayat ini adalah ayat pertama lho yang diturunkan kepada Rasulullah SAW. Betapa pentingya bukan membaca bagi manusia? Paling tidak kita disuruh berilmu dulu sebelum beramal. Oleh karena itu, yuk mulai sekarang kita budayakan membaca (bokis banget ya).
Gak terasa setelah berkeliling dari kesana-kemari di toko buku, sudah beberapa buah buku yang ingin kubeli. Waktu kala itu menunjukan pukul 15:00. Segera aku bergegas menuju kasir. Tapi sepertinya ada sesuatu yang janggal, "apa ya?" pikirku. Ternyata memang betul setelah di cek isi dompet. "Lho! duitnya kok kurang" :)

3 Comments:

  • At 9:38 AM, Anonymous Anonymous said…

    he he he ... maseeh suka beli buku juga ya ? Bagus tuh !!! Tapi ingat : DIBACA YA !!!!

     
  • At 11:41 AM, Anonymous Anonymous said…

    udah baca MALAIKAT DAN IBLIS blom? beli deh! bagus tuh!

     
  • At 9:37 AM, Anonymous Anonymous said…

    Jadi ingat masa2 kuliah dulu :) , saat kita bersama-sama di toko buku URANUS... he he he ....

     

Post a Comment

<< Home